Panjat Tebing Bukan Olahraga Ekstrim

ARTIKEL
Panjat Tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olah raga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45° dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu. Pada perkembangannya kegiatan panjat tebing berevolusi menjadi berbagai dimensi kegiatan: olahraga yang mengejar prestasi, petualangan yang mengejar kepuasan pribadi, dan sebagai kegiatan profesi untuk mencari nafkah yaitu Kerja pada Ketinggian.

Banyak orang menganggap bahwa olahraga panjat tebing merupakan olahraga yang sangat berbahaya atau biasa disebut dengan olahraga ekstrim, namun kenyataannya olahraga panjat tebing bukanlah olahraga ekstrim. Meskipun kegiatannya di ketinggian namun resiko yang diakibatkan karena olahraga ini sangat kecil sekali, karena sebelum melakukan pemanjatan para pemanjat harus menggunakan pengaman yang berstandar internasional. Kemungkinan untuk cidera itu sangat kecil sekali, karena dalam olahraga ini tidak ada kontak fisik dengan orang lain sama sekali. Pemanjat hanya memanjat sendiri dengan menyelesaikan jalur pemanjatan yang dibuat oleh pembuat jalur.

Orang awam  terkadang takut untuk mencoba, padahal kalau saja mau mencoba mereka akan tau sendiri tentang tingkat keamanan melakukan olahraga panjat tebing. Kini panjat tebing mulai digemari semua kalangan, baik laki-laki atau perempuan, orang dewasa atau anak kecil. Bisa dipastikan dalam waktu yang tidak lama panjat tebing akan berkembang pesat, terbukti dari banyak sekolah yang memiliki fasilitas dinding panjat bahkan banyak orang yang membuat dinding panjat sederhana di rumahnya.

Bagi anda yang ingin membuat dinding panjat sendiri, bisa berkonsultasi lewat blog ini. Kami akan membimbing bagaimana cara pembuatannya, mudah-mudahan dalam waktu dekat kami juga akan share bagaimana cara membuat dinding panjat di tembok rumah..


Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : pointpanjat.com | Jual Point | Lapak Cirebon
Copyright © 2015. TOKO POINT PANJAT TEBING - All Rights Reserved
Template Created by Mas Kolis Published by Ari Kumis
Proudly powered by Blogger